SINETRON JAMAN 90AN


            1. Keluarga Cemara



“Selamat pagi Emak
Selamat pagi Abah
Mentari hari ini berseri indah

Terima kasih Emak
Terima kasih Abah
Untuk tampil perkasa bagi kami putra putri yang siap berbakti”

     Masih ingatkan penggalan lirik lagu pembuka sinetron Keluarga Cemara ini? Sinetron Keluarga Cemara memang menjadi salah satu tontonan favorit masyarakat Indonesia pada pertengahan 1990-an hingga 2000-an, dan menjadi salah satu tayangan mendidik yang sangat mencerahkan. Keluarga Cemara mengisahkan tentang satu keluarga yang terdiri dari Abah, Emak, Euis, Cemara, dan Agil, sinetron ini mengajarkan kesederhanaan dan semangat pantang menyerah. Abah yang bekerja sebagai pengayuh becak, tidak hanya sebagai tulang punggung keluarga, melainkan juga sosok teladan bagi Istri, dan ketiga anaknya. Begitu juga dengan Euis, yang sehari-harinya membantu Abah dengan berjualan opak.

        Saat itu Euis menggambarkan sosok remaja yang tidak malu untuk mencari tambahan uang demi kedua adiknya, meski sering diledek teman-temannya. Mereka berlima, bahu-membahu untuk menjalani kehidupan yang sederhana, meski banyak godaan yang datang dari tetangga dan kerabat terdekatnya.

     Sinetron seperti ini saya rasa sudah jarang ditemui bahkan hampir tidak adadi jaman sekarang padahal sinetron seperti ini selain menghibur juga mengajarkan kita tentang betapa pentingnya nilai sebuah keluarga, kebahagiaan tidak hanya dari kekayaan dan gelimang harta tetapi cinta kasih yang dibangun dalam keluarga. Waah... coba ya, dijaman sekarang masih ada sinetron yang bagus seperti ini.... J

1         2. Tersanjung



    Saya  rasa ini sinetron terpanjaaangg pertama, yah pasti kalian tahu sinetron yang ditayangkan mulai tahun 1996 hingga tamat tahun 2005 dengan 7 musim (woow) siapa lagi kalau bukan sinetron Tersanjung. Kebayang kan berapa lamanya sinetron ini yang jumlahnya lebih dari ratusan episode. Gara-gara saking lamanya nih  pemeran utama sudah berganti berkali-kali. Pemain utama di sinetron ini ialah Lulu Tobing, Ari Wibowo, Jihan Fahira, Primus Yustisio dan masih banyak lagi. Sinetron ini Bercerita tentang seorang wanita polos yang tengah mengandung anak dari pacarnya akan tetapi calon mertuanya tidak menginginkanya. Karena malu akhirnya ia pun pergi dan berkenalan dengan lelaki lain yang dapat menerima dia dan anaknya.

        Nah pada tahun 2007 sinetron terpanjang kedua yaitu Cinta Fitri yang hampir sama seperti tersanjung sampai 7 musim. Wow wow wow....

1    3.  Lorong Waktu



       Lorong Waktu, sinetron Ramadhan yang paling sering dinantikan pada saat mengisi waktu berbuka. Sebab, sinetron yang mengambil tema perjalanan menembus waktu ke masa depan maupun masa lampau, banyak memberikan pencerahan bagi penonton.   Sinetron yang tayang pada tahun 1999 ini merupakan sinetron terlaris diakhir tahun 90an. Sosok Haji Husin, Ustad Addin, Zidan, Havid, hingga Zambrong, adalah cerminan dari tingkah laku masyarakat sekitar. Meski pun bernuansa Islami, namun Lorong Waktu mampu diterima oleh berbagai kalangan. Karena sinetron ini tidak hanya sebagai tontonan namun mengajak umat beragama untuk saling menghormati.

 4.   Si Doel Anak Sekolahan



    Si  Doel  Anak Sekolahan atau biasa disingkat SDAS adalah sinetron televisi dari Indonesia yang disutradarai oleh Rano Karno sebagai si Doel. Serial ini pertama ditayangkan di RCTI pada awal 1994 sampai 2002 , lalu ditayangkan lagi oleh Indosiar dari 2002 sampai berakhir pada Jumat, 30 Juni 2006 . Lalu pada April 2013 ditayangkan lagi di RCTI.

Bercerita tentang perjuangan hidup Doel sebagai anak betawi yang notabene tidak pernah kuliah. Tetapi si Doel ingin mematahkan anggapan masyarakat bahwa anak Betawi juga bisa berprestasi. Kekeluargaan yang kental dan juga banyolan-banyolan lucu dari Mandra mewarnai sinetron Si Doel. SDAS ketika pertama ditayangkan melejit menjadi salah satu acara paling terkenal dan mengalahkan popularitas produksi-produksi asing yang saat itu mendominasi televisi Indonesia.

5. Tersayang
Nah, ini sinetron yang saya tunggu.... hoho



         Pada pertengahan tahun1990-an, sinetron Tersayang termasuk salah satu tayangan yang paling dinantikan pemirsa loh....  Sinetron yang dibintangi Anjasmara, Jihan Fahira, Adam Jordan, atau Feby Febiola yang memerankan tokoh antagonis. Ya, sinetron inilah yang melambungkan nama para pemainnya, kelebihan dari Tersayang adalah, alur ceritanya yang masih orisinil, tidak seperti sinetron sejenis lainnya.  Saking terkenalnya sinetron ini sampai sampai ada sebuah topi bertuliskan tersayang dengan gambar bunga mawar, hayo... siapa dulu yang bela-belain untuk membeli topi bewarna pink dan biru ini? :D ini saya alami sendiri saya masih ingat, dulu saya minta dibelikan topi tersayang warna pink yang digunakan Mayang (Jihan Fahira) dan adik saya yang cowok dibelikan topi tersayang warna biru yang digunakan Dion (Anjasmara). 


     Topi  Tersayang ini merupakan barang yang sangat diburu pada zamannya. Pasti deh rata-rata pada beli semua topi Tersayang, karna kalau nggak punya topi ini rasanya gimana gitu kayak nggak gaul.... hahaha..... eh masih ada yang nyimpen topi ini nggak? Saya masih ada loh.... :D      nggak kebayang kalau sekarang pakai topi itu  //,\\)

6. Wiro Sableng



       212 siapa yang masih inggat angka itu? Yang biasanya nonton Wiro Sableng pasti tidak asing dengan angka itu yang ditulis didadanya. Yah, Wiro Sableng adalah salah satu sinetron yang melengkapi di tahun 90an. Sinetron Laga ini tidak hanya digemari orang dewasa saja tetapi anak-anak juga, karena selain menampilkan aksi-aksi laga yang hebat, serial Wiro Sableng juga kerap dibumbui dengan drama dan komedi sehingga sangat variatif.  Selain itu yang menjadikan sinetron ini keren adalah keseriusan dalam membuat project sinetronnya mulai dari syuting di gunung atau danau, menunggang kuda beneran dan juga memakai jasa perguruan silat asli. Wiro Sableng sendiri merupakan tokoh fiksi yang ditulis oleh Bastian Tito. Wiro terlahir dengan nama Wira Saksana yang sejak bayi telah digembleng oleh gurunya yang terkenal di dunia persilatan dengan nama Sinto Gendeng. Wiro adalah seorang pendekar dengan senjata Kapak Maut Naga Geni 212 dan memiliki rajah “212 di dadanya. Wiro memiliki banyak kesaktian yang diperoleh selama petualangannya di dunia persilatan, dari berbagai guru.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "SINETRON JAMAN 90AN"