SINETRON ANAK JAMAN 90AN

1  
     
           Dijaman sekarang hampir jarang sekali kita temui sinetron yang dikhususkan untuk anak-anak seperti halnya pada jaman 90an seakan pada jaman itu anak-anak  disuguhkan hiburan sesuai dengan umur mereka mulai dari acara musik, lagu anak-anak samapi sinetron. Berbeda dengan jaman sekarang seakan sinetron yang ditayangkan di televisi hanya dikhususkan untuk orang dewasa dengan cerita percintaan, perkelahian dan cerita cerita yang memang tidak cocok untuk ditonton anak-anak. Oleh karena itu saya ingin mengajak kalian untuk mengenang beberapa judul sinetron anak yang mungkin salah satunya merupakan sinetron favorit kalian.

1. Saras 008



   Anak 90an mana yang gak kenal dengan sosok ini? Yap dia adalah Saras 008. Pahlawan kebajikan Indonesia yang akan selalu menumpas kejahatan, salah satu superhero asli Indonesia. Sinetron saras 008 ini termasuk sinetron anak-anak favorit saya loh...  sinetron yang ditayangkan di Indosiar pada tahun 1998 menjadi salah satu sinetron yang paling ditunggu oleh generasi 90-an. Kesuksesan saras 008  ini membuat beberapa pedagang memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual berbagai macam aksesoris saras 008 mulai dari pakaiannya, topengnya, tasnya dan masih banyak lagi. Saya merupakan salah satu anak-anak pada jaman itu yang terkena virus saras 008 saya  memiliki sepasang baju bertuliskan saras 008 beserta topengnya.... :D dan baju itu menjadi baju favorit saya.  

   Sinetron Saras 008 ini terinspirasi dari superhero Catwoman ini, mengisahkan seorang gadis bernama Saraswati yang mendapatkan kekuatan dari roh kucing kesayangannya. Ia akhirnya bisa berubah menjadi Saras 008 dan harus menyelamatkan bumi dari ancaman Mr. Black. Saras dibantu oleh seorang detektif amatir yang bernama Mas Yudhis. Selain harus menghadapi Mr. Black, Saras juga harus melawan Ratu Sinisi yang berusaha menghancurkannya dengan ramuan beracun. 

2. Anak Ajaib 



   Selain saras 008 sinetron yang dibintangi Joshua ini juga termasuk salah satu sinetron anak yang sukses pada jaman 90an. Ya.... Anak Ajaib. Anak Ajaib adalah salah satu sinetron yg sangat populer diakhir 90an dengan tema cerita yg mengisahkan seorang anak yg robotik sehingga diberi gelar "Anak Ajaib" selain itu ada juga pemain yang tak kalah tenarnya seperti Pak Bernard dan Blangkon, nah si Blangkon ini nih yg bikin lucu dan selalu teriak: "Pak Bernard!!!, Pak..." (haha.... saya masih ingat ini).  Anak Ajaib merupakan sinetron pendongkrak bagi sinetron anak2 kedepannya yg mulai rame diawal 2000an

1        3. Tuyul dan Mbak Yul



    Wow. Berbeda dengan tiga sinetron diatas sebelumnya sinetron ini cukup unik. Biasanya orang mengenal tuyul sebagai makhluk halus yang ditakuti oleh manusia, namun sinetron ini berhasil mengubah image tuyul menjadi lucu, usil dan baik serta mau membantu manusia. Sinetronyang ditayangkan di TPI ini booming sekali di tahun 90-an dan selalu dinantikan saat sore hari.

     Tokoh utama pada serial ini bernama Ucil dan diperankan oleh Ony Syahrial. Si Ucil bisa dilihat layaknya manusia jika sedang memakai pakaian manusia. Untuk menghindar dari kewajiban mencuri yang diberlakukan oleh kerajaan tuyul, akhirnya Ucil pun lari ke dunia manusia dan tinggal bersama Mbak Yul yang menerimanya dengan tangan terbuka. Ucil adalah tuyul baik yang tidak suka mencuri.

4. Jin dan Jun




     Sinetron yang satu ini hampir sama dengan Tuyul dan Mbak Yul tergolong unik pada saat itu.  Sinetron ini menceritakan tentang seorang remaja lelaki yakni Junaedi (Jun) yang berkawanbaik dengan seorang jin botol. Jun sedang bermain di oantai saat ia menemukan botol kosong. Ternyata botol tersebut berisi seorang jin Laut Kidul yang terperangkap ratusan tahun yang bisa mengabulkan keinginannya. Berdua mereka pun menolong banyak orang dengan kekuatan Om Jin. Tokoh utama di serial ini bernama Jun yang diperankan oleh Syahrul Gunawan. Sinetron ini bisa dibilang mirip dengan kisah kisah klsik seperti Aladin namun yang menarik di sinetron ini adalah pergaulan antara jun dan jin yang membuat cerita ini menjadi seru dan lucu.


1     5. Panji Manusia Milenium



    Siapa yang dulu suka sinetron superhero??  Sinetron superhero yang satu ini sama dengan superhero luar negeri. Sinetron yang ditayangkan di RCTI pada tahun1999  ini mengisahkan tentang seorang pria yang memiliki kekuatan super seperti Superman. Panji, sang tokoh utama yang diperankan oleh Primus Yustisio harus menjalani dua kehidupan untuk membasmi kejahatan di bumi yang disebabkan oleh Donclo.  Selain Primus ada beberapa pemain lainnya yaitu Tia Ivanka, Pangky Suwito, Gracia Indri dan masih banyak lagi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

4 Response to "SINETRON ANAK JAMAN 90AN"

  1. Unknown says:
    7 November 2014 pukul 07.35

    Kl dulu film yg sangat menghibur ya tuyul dan mbakyul haha jaman sd

  2. dewi budiono says:
    10 November 2014 pukul 02.39

    Iyo beb,seng lucu iku seng kentung ta siapa itu namane seng perute gede ikuloh... lak aku biasane senenge saras 008. hahaha.... x.x

  3. Unknown says:
    24 November 2014 pukul 14.57

    kangen banget sama sinetron jaman dulu bagus bagus , gak kayak sekarang berlebihan terlalu dibuat buat dan mbuletisasi

  4. dewi budiono says:
    25 November 2014 pukul 03.18

    ah apalagi sekarang sinetronnya setiap hari tambah bosan ya. kalau dulu kan paling semingku sekali atau dua kali tayangnya jadi masih ada gregetnya buat nungguin tayangnya...